Tanda-tanda akan melahirkan, yang wajib bunda ketahui

oleh

Hay bunda yang sedang berada di trimester terakhir pasti sedang harap-harap cemas ya bunda.  Jangan khawatir ya bunda,  semuanya akan dilalui yang penting bunda sudah siap untuk menghadapi kelahiran,  baik dari fisik bunda,  keyakinan bunda,  rumah sakit mana yang akan di tujuh dan rencana bunda untuk melahirkan secara normal atau SC.

Pada dasarnya dokter tempat bunda cek up rutin biasanya telah menentukan kisaran tanggal untuk bunda melahirkan namaun tidak menuntut kemungkinan bunda akan melahirkan lebih cepat atau mundur dari HPL nya bunda. Hal ini disebabkan pada minggu ke 39 – 41 kehamilan bunda,  tubuh bunda akan memproduksi progesteron yang bertujuan melunakkan jaringan di sekitar cerviks (leher rahim menghubungkan uterus dan vagina) dan pelvis (panggul) untuk persiapan proses melahirkan.

Oleh karena kelahiran bayi itu tidak dapat di prediksi dengan pasti pada tanggal berapanya bunda.  Bunda bisa mengetahui tanda-tanda bahwa bunda alan melahirkan. Hal ini bertujuan agar bunda bisa segera memperaiapkan segalanya dan bunda bisa lehih tenang.

Beberapa tanda-tanda yang wajib bunda ketahui saat akan melahirkan.

Pada tahap-tahap ini jangka waktunya berbeda-beda pada setiap wanita ya bunda. Ada yang mengalami tahap-tahap ini 2 x 24 jam setelah itu baru melahirkan,  ada yang lebih lama juga bunda.  Yuk kita pelajati tanda-tanda bahwa bunda sudah dekat pada tahap melahirkan yuk bunda.

Tanda-tanda beberapa minggu menjelang melahirkan.

  • perut bunda terlihat menurun

Pada tahap ini akan terlihat jelas pada perut bunda. Jika sebelumnya bunda mulai sulit bernafas dan makan sedikit saja sudah kenyang,  pada tahap ini bunda akan merasa lebih lega,  bunda bisa bernafas lagi dengan lancar dan bisa makan lebih banyak lagi.  Sebab bayi mulai turun menuju lajan lahir secara berlahan bunda,  hal ini lah yang menyebab kan perut bunda terlihat menurun.

Pada saat bunda mengalami kondisi yang satu ini maka ini artinya si kecil tengah mengatur ulang posisi tubuhnya dengan bagian posisi kepala yang ada di bagian bawah guna mempersiapkan untuk kelahiran yang tinggal mengatur waktu nya saja bunda.

  •  sakit pada panggul tulang belakang

Sebenar nya sakit pada panggul tidak asing lagi dirasakan oleh para bunda yang sedang mengandung di trimester ke-3 namun ini akan lebih terasa sakit dan sering loh bunda,  hal ini di karenakan akibat posisi kepala janin sudah turun ke bawah, ke daerah rangka tulang pelvis, sehingga otot dan sendi meregang dan pegal-pegal dalam persiapan untuk kelahiran.

  • Serviks bunda mengembang

Pada minggu-minggu mendekati persalinan serviks bunda akan lebih lentur. Dan mendekati beberapa hari melahirkan serviks (leher rahim)  bunda akan terus melebar dan menipis secara berlahan. Dan akan terus bertambah lebar di saat kontraksi semakin bertambah. Di saat bunda melakukan pemeriksaan dengan dokter,  ia akan meriksa sudah selebar apa pembukaan pada leher rahim bunda untuk mengetahui seberapa lama lagi waktu bunda untuk melahirkan.

  • Sulit untuk tidur

Tidur malam yang terganggu dan perasaan gelisah yang bunda hadapi di minggu-minggu terakhir bisa menjadi tanda-tanda melahirkan. Disarankan bunda beristirahat yang cukup di siang hari nya. Sebab bunda akan membutuhkan banyak tenaga disaat persalinan nanti.

  • Bunda lebih sering buang air kecil

Semakin sering buang air kecil dari pada biasanya hingga berhari-hari merupakan salah satu tanda akan melahirkan.  Mengapa demikian?  Sebab bayi bunda terus bergerak turun ke rongga panggul . Kondisi ini membuat rahim bunda akan menekan kandung kemih, sehingga frekuensi buang air kecil menjadi makin meningkat dibandingkan biasanya.

  • Ada beberapa bunda yang mengalami diare

Sebenarnya ini tidak semua dialami oleh bunda yang akan melahirkan.  Namun hal ini sangat wajar ya bunda sebab hormon yang diproduksi oleh tubuh bunda untuk memudahkan kelahiran bayi dapat merangsang usus bunda untuk bergerak lebih sering, yang dapat mengakibatkan bunda jadi lebih rutin ke kamar mandi hanya untuk muntah atau karena diare. Selain itu  selama persalinan, bunda juga mungkin mengalami dorongan untuk buang air besar. Cara terbaik untuk menangani hal ini dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak cairan ya bunda.

  • Keram pada bagian perut bunda

Hal ini yang sangat mengganggu aktifitas bunda,  yaitu keram pada perut bunda atau sering di sebut dengan kontraksi bunda.  Jika bunda bertanya “Berapa lama bunda mengalami keram atau kontraksi ini? dan bagai mana rasa sakitnya? ” untuk waktu tidak bisa di tentukan ya bunda ada yang mengalami 1 minggu menjelang kelahiran telah meraasakan kontraksi ini namun belum sangat sering hanya datang sesekali saja,  ada juga yang mengalami kontraksi 2-3 hari sebelum melahirkan bunda.  Biasanya untuk bunda yang baru mau melahirkan anak pertama kontraksi ini akan lebih lama di bandingkan melahirkan anak ke-2 dan seterusnya.

Sedangkan untuk seberapa sakit nya,  jangan khawatir kan rasa sakit nya ya bunda, cukup bunda berfikir positif saja jika bunda lain bisa melaluinya maka bunda juga pasti bisa melaluinya, anggap saja itu gelombang cinta untuk bertemu dengan buah hati bunda, ia kan bunda.

Penyebab dari kontraksi ini adalah reaksi dari otot dan sendi tubuh yang sedang meregang dan bergeser untuk mempersiapkan persalinan. Jadi jangan khawatir atau takut dengan kondisi ini selama si kecil dapat lahir ke dunia dengan selama maka perjuangan yang besar memang diperlukan.

  • Berat badan bunda menurun

Pada sebagian bunda yang berada di trimester akhir kehamilan kenaikan berat badan tidak akan meningkat lagi bahkan ada sebagian yang mengalami penutunan berat badan hal ini diakibatkan dari hormon yang meningkat hingga bunda mengalami diare atau muntah-muntah,  faktor lain yaitu berkurang nya air ketuban bunda di masa-masa menjelang kelahiran. Jika bunda mengalami penurunan berat badan di minggu-minggu terakhir jaangan khawatir ya bunda hal ini tidak berpengaruh pada berat badan bayi bunda.

  • Bunda merasa sering lelah

kondisi lelah ini yang harus bunda hindari di saat waktu bunda menunggu kelahiran bayi bunda.  Bunda tetap boleh beraktifitas namun disarankan untuk tidak melakukan aktifitas berat lagi ya bunda.  Pada hari-hari ini akan banyak mengguras tenaga bunda,  karena akan banyak yang bunda rasakan seperti menahan rasa kontraksi,  sulit tidur,  rasa sakit di panggul belum lagi jika bunda bolak-balik toilet semua ini akan membuat bunda kelelahan,  oleh sebab itu pada masa ini diharapkan bunda lebih banya beristirahat ya bunda jangan mengguras tenaga terlalu sering sebab di detik-detik waktu melahirkan bunda membutuhlan tenaga yang banyak.  Tetap menjaga asupan makanan agar bunda tetap memiliki tenaga hingga tidak terasa begitu lemas.

Tanda-tanda melahirkan sudah sangat dekat.

  • Bunda akan lebih banyak mengeluarkan lendir kental (seperti keputihan) beserta darah

Jika bunda mendapati cairan putih kental berbercak merah seperti darah yang keluar dari vagina bunda seperti keputihan tapi lebih kental, ini menunjukan waktu kelahiran semakin dekat bunda,  biasanya cairan ini akan keluar 2-7 hari sebelum persalinan. Dan cairan ini biasanya akan disertai kontraksi bunda.

Ingat ya bunda, Lendir ini tidak sama dengan keputihan.  Pada saat bunda mengandung,  bayi bunda tersumbat dalam rahim oleh mucus (gumpalan lendir yang lengket) yang berada di leher rahim melindungi kehamilan bunda. Dan di saat waktu persalinan akan di mulai leher rahim bunda pun berlahan akan membuka melebar dan pada saat bersamaan bayi mulai menekan kearah leher rahim,  hingga cairan muncus pun mulai merembas, itu lah penyebab keluarnya lendir berbercak darah seperti keputihan tadi bunda.

  • Kontraksi yang bunda rasakan akan semakin sering

Menurut banyak bunda,  ini hal yang sangat berat menahan rasa kontraksi yang semakin berasa rasanya ya bunda. Kontraksi ini datangnya tidak menentu ya bunda ada beberapa bunda yang mengalami kontraksi beberapa hari sebelum melahirkan tetapi ada juga yang mengalami kontraksi beberapa minggu sebelum persalinan.  Kenali dengan benar  kontraksi yang bunda rasakan apakah kontraksi sesunguhnya atau kontraksi palsu.

  1.  Jika bunda tetap melakukan aktifitas di saat sedang kontraksi,  maka kontraksi akan semakin kuat dan tidak hilang
  2. Kontraksi tetap berlangsung walaupun bunda meeubah posisi bunda
  3. Nyeri kontraksi dimulai di punggung bawah dan bergerak ke perut bagian bawah, dan mungkin kaki
  4. Coba bunda hitung berapa menit sekali kontraksi yang bunda rasakan.  Jika kontraksi datang semakin cepat dan konstan serta rasa mulas yang bunda rasakan semakin kuat maka bisa dipastikan bahwa bunda telah mensekati masa kelahiran.
  • Pecahnya air ketuban 

Untuk tanda-tanda yang satu ini,  tidak semua bunda mengalaminya ya bunda.  Ada beberapa kasus bunda akan merasakan kontraksi terlebih dahulu,  hingga pembukaan lengkap Namun air ketuban tidak pecah Sehingga ketuban harus dengan bantuan dokter untuk memecahkannya. Ada juga yang mengalami pecah ketuban tetlebih dahulu baru disertai kontraksi dan selang beberapa jam kemudian segera melahirkan,  namun bunda diharapkan segera ke rumah sakit jika bunda mengalami pecah ketuban terlebih dahulu,  karena jika tidak ditangani dengan baik akan berbahaya pada janin bunda.

Kita telah membahas beberapa tanda akan melahirkan semoga info ini bisa membantu bunda. Sebenarnya yang terpenting adalah bunda diharapkan untuk tetap tenang jangan memikirkan kesulitan apa yang akan terjadi coba bunda pikirkan bagaimana bahagianya bunda akan bertemu dengan buah hayi bunda yang sudah bunda tunggu-tunggu selama 9 bulan ini.  Angap saja kontraksi ini sepwrti gelombang cinta percaya lah bunda bayi juga berjuang mencafi jalan keluarnya jadi bunda jangan putus asa ya.  Semoga info kami membantu jangan lupa baca artikel lainnya bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *