Bolehkah ibu hamil memelihara hewan peliharaan, apa dampak positif dan negatifnya

oleh

Hay para bunda,  apa kabar nya ni hari ini,,, ? Sehat selalu ya bunda,  apa lagi buat bunda yang sedang merasa senang karena teryata hari ini dapat berita baik dengan tanda garis 2 di alat test kehamilannya, selalu bahagia ya bunda.

Kita bahas tentang hewan peliharaan yuk bunda,,  khusus nya untuk para bunda yang memiliki kegemaran dan hobi memelihara hewan peliharaan dirumah, menjadi teman bunda setiap hari,  bergelut dengan bunda,  setiap hari bunda bersihkan, memberi makan dan lainnya, Tentunya Itu mnjadi rutinitas Yang sangat menyenangkan bagi bunda,  namun disaat bunda hamil,  bunda jadi galau ni dengan peliharan timbul pertanyaan “bisa tidak ya saya tetep memelihara peliharaan saya?” atau “bahaya tidak ya jika saya punya hewan peliharaan di saat hamil”.

Hem… Sebenarnya tidak ada masalah ya bunda, disaat Bunda hamil memiliki peliharaan namun bunda harus lebih menjaga jarak ni dengan hewan kesayangan bunda dan sedikit lebih waspada,  sebab ada beberapa hewan peliharaan yang memiliki virus atau bakteri yang berbahaya buat bunda dan janin bunda,  bahkan bisa menimbulkan efek yang sangat bahaya ni bunda..  Tapi walaupun begitu bukan berarti bunda dilarang memiliki hewan peliharaan disaat bunda hamil ya.

Yuk bunda kita bahas saja jika kita memiliki hewan peliharaan Di saat hamil, memiliki banyak dAmpak positif atau negatifnya ya.. .

MANFAAT  POSITIF DAN NEGATIFNYA IBU HAMIL MEMILIKI HEWAN PELIHARAAN

Jangan galau dulu ya bunda yang sedang hamil, untuk tetap pelihara atau tidak hewan-hewan kesayangan nya,  kita bahas dampak positif dan negatif nya setelah itu bunda bisa simpulkan apakah harus tetap menjaganya atau tidak.

Manfaat saat bunda hamil memelihara hewan peliharaan

Manfaat dari memilili hewan peliharaan disaat hamil pertama bisa membuat bunda aktif bergerak, sebagai contoh bunda bisa mengajak hewan peliharaan bunda untuk jalan-jalan sore atau pagi. Selain itu bunda bisa meningkatkan mood bahagianya bunda demgan memiliki hewan peliharan yang bunda sukai.  Selanjutnya teryata menurut penelitian sebagian anak-anak yang terlahir dari bunda yang memelihara hewan peliharaan terbukti memiliki tingkat mikroba usus yang lebih tinggi. Manfaat yang dapat diperoleh yaitu dapat melindungi Si Kecil dari reaksi alergi dan obesitas. Sehingga anak-anak diharapkan akan lebih jarang sakit.

Dampak negatif saat bunda hamil pelihara hewan peliharaan

Jika bunda sudah mengetahui dampak positif nya, sekarang bunda harus mengetahui juga dampak negatifnya. Ada beberapa hewan yang harus bunda waspadai disaat bunda hamil. Contohnya sebagai berikut;

Hewan yang harus bunda waspadai saat sedang hamil

  • Kucing

Bunda memiliki peliharaan kucing di rumah,  tentu sangat sayang bukan dengan peliharaan nya tersebut,  tapi di saat bunda hamil diharapkan lebih waspada ya bunda dengan kucing.  Karena seperti hal nya bunda hamil tidak bisa mengonsumsi makanan mentah dan daging yang dimasak setengah matang karena makanan tersebut memiliki parasit toxoplasma. Sama hal nya pada kucing, kucing yang tidak difaksin besar kemungkinan kotorannya mengandung parasit toxoplasma juga bunda.

Toxoplasma ini lah yang dapat membahayakan ibu hamil.  Jika parasit toxoplasma ini masuk dalam tubuh bunda dan sampai di plasenta kemudian di konsumsi janin maka kemungkinan yang terjadi diantaranya kelahiran prematur atau berat tubuh lahir rendah, cacat sistem saraf pusat serius, kerusakan pada mata serta otak bayi dan bahkan keguguran atau hilangnya nyawa pada bayi setelah lahir.

Untuk bunda yang memang telah memiliki kucing sebelum hamil,  coba baca info tips dibawah ya bunda.

  • Anjing

Bunda memiliki peliharaan anjing dirumah?.  Ada beberapa hal yang harus dihindari dari hewan anjing di saat bunda sedang hamil.  Bunda di larang membersihkan kotoran anjing ya bunda sebab di dalam kotoran anjing biasanya terdapat bakteri E.  Coli. Bakteri ini mampu membuat bunda  terinfeksi dari bakteri e. Coli hingga menyebabkan kram dan nyeri perut bunda yang berdampak negatif yaitu muntah atau pun diare.

Selain bakteti e. Coli bunda harus memastikan bahwa anjing bunda bebas dari kutu. Kutu ini akan menggangu bunda.  Sebab kutu anjing yang tersentuh bunda dapat menyebabkan pertumbuhan jamur hingga menimbulkan rasa gatal-gatal pada bunda.

  • Hamster

Wah ini ni buat bunda yang sedang hamil memiliki peliharan hamster perlu diwaspadai ya bunda.  Pastikan hamster bunda terhindar dari virus LCMV (Lymphocytic Choriomenigitis Virus). Virus LCMV ini sangat berbahaya untuk bunda yang sedang hamil loh..  Mengapa demikian ya bunda!! Sebab virus LCMV ini dapat menembus dinding plasenta hingga menyebabkan janin bunda terlahir cacat atau meninggal.

Virus lcmv ini biasanya berada pada urin atau kotoran hewan pengerat bunda seperti hamster dan tikus.  Jadi lebih berhati-hati ya bunda.

  • Ungas

untuk unggas sebenar nya tidak terlalu berbahaya ya bunda, namun pastikan bahwa unggas bunda dirumah tidak terjangkit virus flu burung ya bunda.  Bukan hanya ibu hamil orang lain pun akan bahaya kan bunda jika terkena flu burung.

  • Kura-kura

Kura-kura atau hewan reptil lainnya juga perlu bunda hindari mengapa demikian.  Karena pada hewan reptil atau kura-kura bisa menularkan bakteri salmonella.

Terutama untuk bunda yang sedang memiliki daya kekebalan rendah ni sangat di saran kan untuk menghindari bersentuhan langsung dengan kura-kura, sebab bakteri salmonella bisa menyebabkan kekebalan tubuh bunda menjadi lebih lemah lagi.  Bunda tau kan jika daya kekebalan bunda lemah akan berdampak fatal bagi janin bunda. Janin bunda pun akan ikut melemah.

Tips jika bunda tetap ingin memiliki peliharaan

Jangan terlalu di pikirkan ya bunda,  jika bunda tetap ingin merawat hewan-hewan peliharaan bunda, ada beberapa tips ni bunda,  semoga membantu ya bunda

  1. Sebisa mungkin bunda tidak membersihkan Atau berada di dekat pembuangan kotoran hewan peliharan ya bunda. Minta orang terdekat yang melakukan pembersihan kotoran tersebut,  karena beberapa virus dan bakteri berbahaya bersarang di kotoran tersebut bunda
  2. Jaga selalu kebersihan hewan dan kandang peliharaan bunda
  3. Jangan terlalu sering bersentuhan dengan hewan peliharaan atau jangan tidur bersama hewan peliharaan selama bunda hamil ya bunda
  4. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan bunda setelah bersentuhan dengan hewan peliharaan bunda
  5.  Jika memang diperlukan bunda dapat memvaksin hewan peliharaan bunda agar terhindar dari virus-virus berbahaya tersebut.

Jika bunda sudah membaca dampak ositif dan negatifnya bunda dapat menyimpulkan sendiri kan harus bagaimana baiknya.  Tetap memelihara hewan peliharaan tidak masalah ya bunda yang penting bunda harus tetap memperhatikan beberapa tips yang harus bunda jalankan demi kesehatan bunda dan janin bunda serta demi keselamatan samapi bayi bunda terlahir kedunia puasa selama 9 bulan untuk tidak trtlalu bermain-main dengan hewan peliharan tidak apa-apa kan bunda.  Sehat selalu bunda tetap bahagia jangan lupa baca artikel info lainnya ya bunda.  Semoga info sedikit ini bisa membantu para bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *