Beberapa hal yang harus bunda persiapkan saat menjelang melahirkan

oleh

Hay para bunda, semoga sehat selalu ya. Terutama untuk bunda yang sedang berada di trimester ke-3.  Wah rasanya campur aduk ya bunda saat kita menyadari teryata sudah berada di trimester terakhir.  Apa lagi untuk bunda yang baru pertama akan melahirkan. Ada perasaan senang karena akan segera bertemu dengan bayi yang sudah selama 9 bulan durawat dan dijaga dengan baik.  Namun ada kecemasan akan melewati masa-masa bersalin. Mulai ada perasaan takut dan tidak yakin dan mulai timbul pertanyaan “bisa tidak ya saya melahirkan dengan normal?  Atau apa saja ya yang harus saya lakukan jika akan melahirkan?  Bisa tidak ya saya menahan rasa sakitnya?”.

Selain pertanyaan-pertanyaan yang sering mengganggu di pikiran bunda. Rasa bunggung juga mulai datang. Apa saja ya yang perlu di persiapkan para bunda yang berada di minggu-minggu terakhir kelahiran.  Ada tidak ya yang terlupakan. Sebab tanggal bayi bunda terlahir tudak bisa kita tentukan ya bunda.  Mungkin kita bisa mengetahui prediksi tanggal lahir namun tidak semunya tepat ya bunda,  oleh karena itu beberapa minggu sebelum tanggal prediksi lahiran diharapkan bunda sudah mempersiapkan segalannya. Bukan hanya perlengkapan bayinya saja ya bunda namun ada beberapa hal lainnya yang juga sangat penting untuk di persiapkan.

Untuk membantu para bunda yang baru pertama kali akan melahirkan. Kita list beberapa hal yang harus bunda persiapkan menjelang kelahiran.

Hal-hal yang perlu bunda lakukan menjelang melahirkan

Beberapa hal ini sangat penting ya bunda,  hingga bunda harus benar-benar memastikan semuanya telah dipersiapkan dengan baik.  Hingga kapan pun hari lahir tiba bunda dan ayah tidak binggung lagi harus bagaimana dan sudah paham apa yang harus bunda dan ayah lakukan.

  1. Pastikan bunda mengetahui tanggal perkiraan melahirkan,  ini sangat penting ya bunda. Sebelum mempersiapkan segalanya bunda harus mengetahui tanggal perkiraan melahirkan atau HPL. Biasanya HPL di hitung dari hari pertama haid terakhir bunda. Biasanya kelahiran Membutuhkan waktu kurang lebih 40 minggu sejak hari pertama terakhir haid.  Namun ada banyak yang kurang dari 40 minggu atau lebih dari perkuraan.  Jika bunda kurang yakin dengan tanggal perkiraan bunda sendiri bunda bisa meminta bantuan dokter atau bidan di saat bunda cek kehamilan bunda. Dokter akan memberikan tanggal perkiraan melahurkan melalui pemeriksaan USG dan lainnya.
  2. Melakukan pemeriksaan kehamilan bunda, biasanya dokter akan menyarankan pada trimester terakhir bunda lebih sering memeriksakan kandungannya. Sebulan 2-3 kali pemeriksaan hal ini bertujuan untuk benar-benar memastikan bahwa kehamilan bunda dalam keadaan baik-baik saja.  Selain itu pemeriksaan dilakukan untuk melihat apakah posisi bayi bunda sudah di jalan lahir atau masih sungsang. Jika posisi bunda masih sungsang di bulan ke 8-9 maka akan ada kemungkinan bunda melahirkan melalui metode sesar.
  3. Menyiapkan fisik dan mental bunda, yang harus bunda lakukan saat memasuki trinester ke-3 adalah perbanyak istirahat. Waktu tidur yang cukup sangat lah penting.  Jika bunda tidak bisa tidur di waktu malam hari cobalah tidur di siang hari.  Untuk aktifitas berat sangat tidak diizinkan lagi. Namun selain istirahat yang cukup, ada banyak Hal yang harus bunda lakukan seperti senam hamil, berjalan-jalan pagi selama 30 menit atau mengepel sambil jongkok, Berenang,  semua itu merupakan aktifitas yang bagus untuk mempersiapkan kelahiran buah hati bunda,  terutama untuk bunda yang ingin melahirkan norma. Selain fisik, mental bunda juga harus dijaga ya bunda.  Jika bunda merasa cemas dengan kehamilan bunda atau bunda merasa ragu untuk menghadapi kelahiran bunda bisa bercerita dengan ayah, agar saling menguat kan. Selain itu bunda juga bisa meminta orang yang sudah berpengalaman untuk mencritakan pengalaman mereka dari situ bunda bisa mengambil pelajaran. Dan ingat ya bunda jangan setres karena jika bunda stres akan berpengaruh buruk pada janin bunda.  Latihan yoga sangat membantu bunda mengontrol ketrnangan batin bunda.
  4. Menentukan rumah sakit tujuan, ini salah satu hal yang sangat penting juga bunda. Setiap bunda kan memiliki perbedaan kenyamanan dengan rumah sakit dan dokter nya hal ini lah membuat bunda harus menentukan rumah sakit untuk persalinan bunda. Selain itu bunda tidak ingin bukan ketika bunda sudah memasuki masa kelahiran bunda dan keluarga bingung karena tidak tau harus kerumah sakit mana. Saat bunda memilih rumah sakit ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan diantaranya;  Jarak rumah sakit dengan rumah bunda, ketersedian tenaga penolong, dokter,  perawat dan bidannya,  kemudian fasilitas rumah sakit lengkap atau tidaknya.
  5. Mempersiapkan dana persalinan, Bunda dan ayah harus mulai menyisihkan pendapatan untuk biaya Persalinan. Jika bunda telah di tanggung Oleh asuransi tempat bunda bekerja pastikan dana nya mencukupi atau jika di perlukan bunda diharapkan menyimpan cadangan tabungan agar tidak pusing disaat hari persalinan kelak.  Selain itu bunda juga bisa nenanfatkan asuransi BPJS dari pemerintah.  Silakan bunda mendaftarkan diri sebagai keangotan BPJS. “Catatan yang penting bunda saat membuat BPJS bunda bisa langsung membuatkan si jabang bayi bunda langsung dengan cara membawa surat keterangan hamil dari dokter,  hal ini bertujuan agar ketika bunda melahirkan secara normal bayi tidak dikenakan biaya oleh rumahlakukan.  sakit namun ketika bunda melahirkan secara sesar, bayi bunda akan dikenakan biaya penanganan.”
  6. Menentukan metode apa yang di gunakan saat akan melahirkan, Ada banyak metode melahirkan yang bisa bunda lakukan diantaranya ;                     1. metode melahirkan secara normal.  Pada umumnya melahirkan secara normal membutuhkan waktu 24 jam hingga akhirnya bayi terlahir namun hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya lebarnya panggul,  berat bayi,  posisi bayi,  kelahiran pertama yang biasanya lebih lama,  kondisi sang bunda,  kekuatan si bunda dan lainnya.         2. metode melahirkan menggunakan alat,  biasanya melahirkan menggunakan alat ini akan di lakukan dokter apa bila si bunda sudah kehabisan tenaga untuk melahirkan secara normal atau di sebabkan bayi tisak kunjung turun hingga di perlukan alat pembantu untuk mengeluarkan bayi bunda. 3. metode melahirkan di dalam air, menurut beberpa bunda melahirkan di dalam air memiliki rasa sakit yang lebih sedikit di bandingkan melahirkan normal. Melahirkan dengan metode ini seperti melahirkan normal namun bunda berendam di dalam Kolam khusus yang telah di isi dengan air hangat hingga bayi terlahir ke dunia. 4. metode melahirkan dengan cara sesar, metode melahirkan ini bisa bunda pilih ketika bunda tidak ingin melahirkan secara normal.  Biasanya dokter menyarankan kepada bunda ketika terdapat masalah pada kehamilan bunda,  seperti bayi terlalu besar, posisi bayi Sungsang, dan masalah lainnya.  Pada lahir sesar ini bunda bisa menentukan jadwal dari jauh hari sesuai kesiapan kehamilan bunda untuk dilahirkan.
  7. Mempersiapkan resiko yang tidak diinginkan saat melahirkan, kita sebagai bunda tentunya ingin semunya lancar-lancar tanpa hambatan hingga bayi terlahur sesuai rencana kita ya bunda.  Namun terkadang kita tidak bisa memaksakan sesuai dengan keinginan kita.  Ada kala nya kita sudah mempersiapkan dengan matang sesuai rencana kita namun tiba-tiba di hari melahirkan ada kendala hingga bunda harus di oprasi sesar, dan hal ini lah yang membuat bunda harus mempersiapkan segalanya dari sebelum hari kelahiran,  baik dana maupun mental bunda.  Permasalahan yang timbul di saat-saat waktu melahirkan yang membutuhkan penanganan lebih diantaranya; pendarahan sebelum melahirkan,  tekanan darah menurun atau meningkat secara drastis,  bayi yang tidak kunjung turun,  air ketuban yang mulai kering dan ada banyak lagi ya bunda.  Namun jangan terlalu panik memikirkan apa yang akan terjadi ya bunda. Bunda percayakan saja selalu ada rencana indah untuk bunda.
  8. Mempersiapkan Perlengkapan bayi dan bunda untuk dirumah sakit kelak, mempersiapkan perlengkapan bayi dan bunda untuk di rumah sakit termasuk hal yang sangat penting ya bunda.  Saat sudah memasuki kehamilan di minggu ke 37 diharapkan bunda sudah memasukan keperluan bunda dan bayi ke dalam tas.  Jadi kapan pun waktu melahirkan tiba bunda maupun ayah tidak repot lagi bunda.  Adapun beberapa hal yang harus dibawa untuk bayi dan bunda adalah baju,  celana,  atau popok/cawat, kain bedong masing-masing 2-3 pasang.  Sarung tangan dan kaki,  topi bayi,  kain penggendong,  bantal bayi,  selimut bayi. Untuk bunda sendiri seperti beberapa pasang baju ganti di usahakan yang berkancing ya bunda, agar mudah menganti baju jika bunda harus diimpus, sarung beberapa buah,  jangan lupa baju sang ayah ya bunda.

Nah. … Itu tadi beberapa hal yang wajib bunda persiapkan menjelang kelahiran bunda.  Jangan sampai menjadi kendala saat hari kelahiran tiba,  hal yang terpenting lainnya jangan panik ya bunda,  belajar dari pengalaman melahirkan dari orang tua atau saudara atau teman sangat membantu juga loh bunda, dan percayalah jika ada ribuan bunda diluar sana mampu melewati hari kelahiran pasti bunda juga bisa melalui dengan baik.  Trimakasih bunda telah membaca jangan lupa membaca artikel lainnya ya bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *