Masalah yang perlu di waspadahi pada masa kehamilan

oleh

Salam sehat dari kami bunda… Terutamu buat bunda-bunda yang lagi hamil ni. Setiap bunda yang sedang hamil pasti selalu di liputi dengan rasa resah apakah kehamilan ¬†bunda baik-baik saja. Apakah janin bunda sehat-sehat saja di dalam perut bunda.

Jangan khawatir ya bundal, selagi tidak ada grjala-gejala yang aneh pada tubuh bunda bisa dikatakan bahwa janin atau kehamilan bunda dalam keadaan sehat-sehat saja.

Namun perlu diperhatikan ni bunda. Jika ada tanda-tanda yang mengidentifikasi kehamilan bunda bermasalah, bunda harus segera periksakan diri kedokter kandungan ya bunda, karena semakin cepat di periksakan maka kemungkinan besar kandungan bunda terselamatkan.

Apa saja ya bunda tanda-tanda yang perlu bunda waspadai di saat bunda sedang hamil, yuk bunda langsung kita bahas saja ya :

Tanda-tanda yang perlu bunda waspadai di saat bunda hamil.

  • Bunda muntah secara terus menerus dan tak ingin makan

Mual atau muntah di saat hamil trimester pertama sangat lah wajar yang di pengaruhi oleh naik nya hormon bunda. Namun perlu bunda waspadai jika bunda tidak berhenti muntah. Mual dan muntah yang tidak wajar dan berlebihan saat hamil sering disebut dengan Hiperemesis gravidarum bunda.

Mual muntah secara terus menerus membuat bunda dehidrasi bunda. Selain dehidrasi bunda juga akan kekurangan nutrisi karana semua makanan yang bunda makan keluar kembali sebelum di proses, hal ini sangat berpengaruh terhadap janin bunda. Janin bunda akan mengalami gangguan pertumbuhan.

Dan yang perlu di perhatikan pula di saat bunda mual atau muntah jangan terlalu kuat ya bunda, hal ini akan membuat perut bunda menjadi lebih kencang dan menimbulkan ketidak nyamanan pada kandungan bunda, hal yang lebih fatal bunda bisa mengalami Robeknya selaput lendir kerongkongan bunda.

Jika bunda merasa badan bunda merasa sangat lemas dan tidak adanya asupan makan an bunda diharapkan untuk di rujuk ke rumah sakit di sekitar bunda untuk mendapat kan cairan tambahan yang di masukan melalui impust sampai bunda benar-benar sehat kembali.

  • bunda mengalami demam tinggi

Demam menjadi masalah yang serius untuk para bunda yang sedang hamil. Pada usia kehamilan berapa pun di saat bunda demam, diharapkan bunda segera periksakan diri ke dokter. Sebab demam membuat daya kekebalan bunda menjadi lemah sehingga dapat menimbulkan infeksi baik bagi bunda maupun pada janin bunda.

Yang perlu bunda ingat, disaat bunda demam jagan sekali-kali bunda meminum obat selain resep dokter ya bunda.. Karena dapat berpengaruh pada kecacatan bayi. Selain itu, di saat bubda demam bubda harus lebih banyak minum air putih agar bunda tidak mengalami kekurangan cairan.

Selain itu untuk bunda yang sedang memasuki trimester ke-3, demam tinggi pada bunda, jika tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan kelahiran prematur.

  • Bengkak pada kaki atau tangan, wajah atau sakit kepala disertai kejang

Di usia kehamilan 6 bulan ke atas sangat wajar jika kaki bunda mengalami sedikt pembengkak an, namun bunda perlu memperhatikan apakah tangan dan wajah bunda juga mengalami pembengkak an. Jika memang seperti itu maka bunda harus segera memperiksa kan diri.

Bengkak pada tubuh bunda yang sedang hamil disertai dengan tingginya tekanan darah bisa menyebabkan Pre-eklampsia atau kejang-kejang. Jika terjadi hal seperti ini alan berakibat buruk untuk bunda dan janin yaitu menyebab kematian.

Jadi jika bunda mengalami pembengkak an tubuh bunda di harapkan untuk perbanyak istrahat, jika telah istirahat tetap membengkak bunda harus segera priksakan diri ke dokter ya bunda.

Ada sedikit tips ni bunda : Untuk mengetahui pembengkakan yang tidak normal antara lain dengan menekan pada daerah tungkai kaki yang bengkak, bila bagian yang ditekan tampak cekung dan tidak segera kembali seperti semula berarti terdapat penumpukan cairan. Untuk bunda hamil yang mengalami kenaikan tekanan darah selama kehamlan seringkali diikuti dengan pembengkakan pada anggota tubuh kaki , bila sudah mendapat perawatan dan pengobatan sebaiknya bunda hamil sering sering mengganjal kedua kaki lebih tinggi dari tubuh agar memperlancar aliran darah dan mencegah penumpukan cairan berlebihan di area kaki. Hindari penggunaan pakaian yang ketat selama hamil.

  • janin bunda tidak bergerak

Untuk bisa merasakan pergerakan janin pada setiap bunda yg sedang hamil dikisaran kehamilan 20 minggu ke atas ya bubda. Namun setiap bunda memiliki berbedaan, ada bunda yang baru bisa merasakan pergerakan janin di usia kehamilan 6 bulan, hal ini di karenakan faktor ketebalan perut bunda.

Janin bunda bisa bergerak 10-12 kali dalam sehari bunda. Jika dalam beberapa jam janin dirasa tidak bergerak ciba bunda rangsang pergerakannya dengan cara memakan makanan yang manis bunda biasanya bayi akan merespon, atau bunda bisa mengusap-usap perut bunda, selain itu bunda bisa mengompres perut bunda dengan air dingin, namun jika bayi tetap tidak merespon atau pergerakkannya sangat pelan bunda harus memeriksakan diri segera kedokter, agar dapat diketahui penyebab bayi bubda tidak merespon pergerakan.

Terlilit tali pusar merupakan salah satu penyebab bayi tidak bergerak bunda.

  • Bunda mengalami Pendarahan

Sedikit pendarahan yang terjadi pada awal kehamilan sangat lah wajar bunda karena terjadi pelekatan sel telur pada dinding rahim. Hal ini terjadi hingga 3 hari darah yang keluar hanya berupa flek saja ya bunda. Namun jika bunda mengalami pendarahan yang terus menerus keluar walaupun sedikit perlu segera di periksakan ya bunda. Pendarahan yang terjadi pada masa kehamilan menandakan ada nya masalah pada kehamilan bunda baik itu masalah ringan atau pun berat.

Jika bunda mengalami pendarahan yg tidak berhenti-henti disertai dengan kram perut dan pingsan sebaiknya bunda segera memeriksakan diri ya bunda.

Perlu bunda ketahui,Pendarahan yang serius disertai dengan kram prut yang luar biasa biasanya merupakan gejala keguguran atau hamil anggur, bedanya jika keguguran bunda akan mengeluarkan darah beserta jaringan2 dari vagina bunda.

  • Air ketuban keluar sebelum waktunya

Di usia kehamilan bunda yang memasuki trimester ke-2 yaitu 5 bulan- 9 bulan harus lebih berhati-hati dan beristrahat yang cukup ya bunda. Jika bunda mendapati adanya cairan keluar baik merembas atau pun mengalir dari jalan lahir bunda diharapkan bunda segera periksakan diri untuk memastikan apakah yang keluar tersebut benar air ketuban atau bukan.

Janan lupa untuk mengamati bagai mana warna dari cairan yang keluar dan banyak sedikit nya ya bunda. Karena hal itu bisa di jadikan bahan pertimbangan untuk dokter memberikan perawatan lebih lanjut

Saran untuk bunda : jika memang merasa ada cairan yang keluar jangan menunda-nunda ubtuk meriksakan diri, sebab jika terbukti bunda mengalami perembesan air ketuban atau pecah air ketuban hal ini diperlukan penangan secara cepat.

Berkurang nya air ketuban dapat menyebabkan kematian pada bayi bunda. Bayi bunda rentan terkena infeksi. Jika memang air ketuban yang keluar hanya merembas disaran kan bunda tudak banyak bergerak atau hanya duduk saja. Dan jika air ketuban yang keluar samapi mengalir, posisi yang tepat adalah berbaring untuk mengurangi jumlah air ketuban yang keluar.

  • Sakit saat mengeluarkan air kecil

Di saat bunda sedang hamil dan merasakan rasa sakit di saat buang air kecil, kemungkinan besar bunda sedang mengalami infeksi saluran kencing.

Infeksi saluran kencing tidak terlalu berbahaya sebenarnya bunda. Namun, jika tidak di tangani dengan benar infeksi ini akan menyebabkan kelahiran prematur atau yang lebih bahaya lagi adalah keguguran bunda.

Setiap masalah sekecil apa pun di saat kehamilan diharapkan bunda perlu waspada dan jika tidak yakin coba lah untuk meriksa kan diri ya bunda. Jangan lupa lakukan oemeriksaan rutin setiap bulannya agar bunda benar-benar yakin bahwa kehamilan bunda dalam keadaan sehat walafiat. Disaat bunda merasakan masalah kehamilan yang pertama bunda lakukan adalah jangan panik dan terlalu di pikirkan ya bunda karena akan berpengaruh buruk pada kesehatan bunda dan janin bunda. Terimakasih bunda telah membaca artikel kami. Jangan lupa membaca artikel lainnya ya bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *