Waspadai penyebab bayi meninggal saat melahirkan

oleh

Salam hangat untuk para Bunda..  Bagaimana kabarnya hari ini..  Semoga selalu dalam lindungan allah ya bunda-bunda. Amin…  Hari ini kita akan membahas tentang penyebab kematian bayi setelah lahir bunda.  Ada banyak kasus yang terjadi pada bunda diluar sana yang beberapa saat setelah kelahiran harus menerima kesedihan bahwa bayi yang mereka nantikan meninggal dunia.

Setelah beberapa saat bayi dilahirkan yang tiba-tiba bayi harus ditangani medis hingga hal terburuk bayi yang bunda sayang harus berpulang.  Menurut beberapa alhi ada beberapa faktor penyebab dari kematian bayi yang baru lahir bunda, salah satunya adalah bayi bunda mengalami kelahiran prematur hingga organ bayi yang lahir belum tumbuh secara sempurna yang menyebab kan banyak kompikasi yang terjadi pada bayi bunda.

Selain kelahiran prematur ada beberapa lagi penyebab terjadinya kematian bayi yang harus kita ketahui bunda.  Yuk kita bahas saja bunda. Agar kita bisa menanggulangi jika terjadi pada kita.

Macam-macam penyebab bayi meninggal saat melahirkan 

  • Gaya hidup bunda yang tidak sehat saat mengandung

Di saat hamil otomatis semua gaya hidup bunda dituntut untuk lebih baik karena apapun yang bunda komsumsi akan mempengaruhi ke janin bunda.  Sehat atau tidak nya bayi bunda saat dilahirkan tergantung bunda saat menjaga kehamilan bunda. Beberapa hal kebiasaan buruk yang harud bunda hindari yang mampu menyebab kan bayi meninggal paska melahirkan diantaranya;

  1. Kebiasaan merokok
  2. kebiasaan meminum minuman beralkohol dan sejenisnya
  3. menggunakan obat-obatan terlarang dan sejenisnya
  4. menggunakan obat dosis tinggi secara berlebihan tanpa resep dokter.
  • Terlilit tali pusar

Kasus terlilit tali pusar pada bayi sudah sering terjadi, terlilit tali pusar biasanya terjadi pada kandungan bunda dari trimester ke-2 hingga awal trimester tiga.  Penyebab terlilit tali pusar diantaranya letak bayi yang tidak normal atau sungsang, berat bayi yang tidak ideal atau terlalu panjang nya tali pusar,  selain itu ada juga akibat dari penyakit tertentu pada bunda hingga jel yang biasanya bekerja pada tali pusar menjadi tidak ada. Bunda bisa mengetahui bayi bunda terlilit tali pusar atau tidak dengan cara melakukan pemeriksaan melalui USG.

Sebenarnya ada banyak bunda yang melahirkan bayi yang terlilit tali pusar namun bayi tetap sehat, tetapi ada juga yang berdampak fatal bagi bayi bunda. Karena saat bunda akan melahirkan rahim akan mengalami kontraksi dan ada pergerakan ke bawah yaitu kepala bayi mulai turun memasuki rongga panggul.

Hal ini menyebabkan lilitan tali pusat semakin kencang yang membuat pembuluh darahnya tertekan, sehingga menyebabkan bayi mengalami sesak napas akibat kekurangan oksigen. Hal ini lah yang menyebabkan kematian bayi bunda saat lahir.

Biasanya untuk kasus tali pusar terlilit jika lebih dari 1 atau bayi tetap tidak bisa turun hingga batas waktu tertentu saat kontraksi maka dokter menyarankan untuk melahirkan secara sesar agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Cacat bawaan

Salah satu faktor terbesar dalam kematian bayi setelah dilahirkan adalah cacat bawaan atau cacat lahir. Cacat bawaan bisa disebabkan oleh kelainan kromosom atau dari orang tua atau lingkungan.

Menurut penelitian bayi meninggal setelah dilahirkan yang disebabkan cacat bawan yang sebanyak 15-20% dari semua kasus.

Cacat lahir atau bawaan dapat mengakibatkan kematian karena ada beberapa organ pada janin yang tidak berkembang dengan baik atau tumbuh secara abnormal hal ini dapat di ketahui dari pemeriksaan rutin bunda dengan jalan USG.  setelah bayi dalam kandungan bunda berusia 5 bulan maka kelainan-krlainnan yang terjadi pada janin bunda akan terdeteksi pada hasil USG bunda.  Dari hasil itu lah jika terdapat kekurangan pada bayi bunda.  Dapat bunda konsultasikan pada dokter  dan cari jalan keluarnya.

  • Kelahiran prematur

Bayi yang lahir diusia kurang dari 37 minggu disebut dengan kelahiran prematur.  Ada beerapa kasus kelainan prematur dapat menyebabkan kematian dikarenakan bayi yang terlahir secara prematur memiliki ketidak siapan beberapa organ tubuh nya.  Hingga saat terlahir organ pada bayi tidak dapat berfungsi dengan baik.  Contoh nya saja paru-paru. Bunda pasti mengertikan jika organ paru-paru bayi belum bisa bekerja namun dia harus menghirup oksigen untuk bernafas apa yang akan terjadi sehingga akan menimbulkan banyak komlikasi pada bayi bunda.

Selain itu bunda,  bayi prematur sering mengalami kesulitan melawan kuman karena sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya terbentuk. Infeksi yang dapat menyebabkan kematian pada bayi prematur termasuk pneumonia (infeksi paru-paru), sepsis (infeksi darah) dan meningitis (infeksi pada cairan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang).

Namun jangan khawatir ya bunda,  bayi prematur dilakukan penangan an yang baik, ada kemungkinan bayi bunda bisa terselamatkan dan hidup sehat selayaknya bayi normal.

  • Usia bunda saat melahirkan

Udia bunda saat melahirkan juga memiliki pengaruh besar terhadap kejamilan bunda.  Usia yang terlalu mudah ( di bawah 15 tahun)  atau usia yang lebih tua (di atas 35 tahun)  dapat menyebabkan kematian pada bayi bunda setelah melahirkan.

oleh sebab itu disarankan untuk bunda dan ayah merencanakan secara matang usia berapa bunda harus mengandung.  dan jangan menikah di usia muda ya.

  • Masalah pada plasenta

Masalah yang harus diwaspadai juga ni bunda.  Yaitu masalah pada plasenta, dapat kita ketshui bahwa plasenta adalah sumber makanan satu satu nya pada janin bunda di dalam perut,  jadi permasalahan-permasalahan seperti peradangan,  pembekuan pembuluh dara di plasenta atau yang lebih bahawa lepasnya plasenta dari dinding rahim, permasalahan ini lah yang mampu menyebabkan kematian bayi paskamelahirkan.

Gangguan pada plasenta ini bisa bunda ketahui dari hasil USG di usia kandungan 5 bulan keatas.  Jadi jangan malas-malas memeriksakam kandungan bunda ya.

  • Kekeringan air ketuban

Air ketuban sangat berperan pentinga dalam kehamilan, karena air ketuban sebagai pelindung bayi dari goncangan dan mencegah terjadinya infeksi pada janin dan menjaga suhu di dalam perut tetap hangat.

Oleh karena itu bunda, perlunya pemeriksaan USG, salah satu manfaatnya untuk mengecek apakah air ketuban bunda dalam keadaan cukup.

Banyak bunda yang tidak menyadari pecahnya air ketuban. Air ketuban hampir sama dengan urin, bedanya air ketuban berwarna lebih bening dari pada urine, selain itu jika bunda cium baunya, maka air ketuban tidak berbau. Jika bunda merasa adanya cairan keluar dari jalan lahir bunda bsa segera ke rumah sakit, sebab air ketuban sangat berpengaruh terhadap keselamatan bunda dan anak. Air ketuban yang telah pecah sebelum usia kelahiran akan dilakukan operasi untuk mengeluarkan bayi nya agar bayi tidak terserang infeksi dan hal yang lebih fatal adalah kematian.

  • Kesahatan bunda saat sedang hamil

Kondisi bayi meninggal setelah melahirkan meningkat 2 kali lebih besar ketika bunda memiliki kesehatan yang buruk.

Beberapa hal yang menjebabkan kesehatn bayi juga terganggu diantaranya :

  1. Bunda memiliki riwayat tekanan darah tinggi
  2. Mengidap penyakit lupus
  3. Bunda mengalami obesitas
  4. Bunda pernah mengalami trauma atau kecelakaan di saat sedang hamil

Beberapa hal ini lah yang menyebab kan meningkatnya kematian bayi bunda.

  • Riwayat kematian saat melahirkan 

Seperti hal nya keguguran, Jika bunda pernah mengalami kematian bayi setelah melahirkan, ada kemungkinan akan terjadi kbali di kelahiran berikutnya. Tapi jangan khawatir ya bunda. Jika bunda menjaga kesehatan yang tepat, penuhi nutrisi selama kehamilan. Dan bunda rutin melakukan cek kehamilan setiap bulannya. Insyaallah bayi bunda akan terlahur dengan sehat.

Secara garis besar tentunya kita tidak ingin terjadi hal yang buruk baik bagi kita sebagai bunda atau bayi yang telah kita damba-damba kan kehadirannya selama kurang lebih 9 bulan, oleh karena itu tetap jaga kesehatn bunda adalah hal yang sangat terpenting dan mintalah tenaga medis yang berpengalaman dan handal di saat menangani kelahiran bayi bunda. Agar di saat terjadi hal yang tidak diinginkan ada penangan an yang tepat. Jika bunda telah melakukan semua dengan baik namun tetap terjadi hal yang tidak diinginkan jangan menyesali semuanya ya bunda. Kita hanya bisa berusaha dan takdir kita yang menentukan. Akan ada hal yang baik setelah kesedihan. Terimakasih telah membaca aryikel kami semoga bermanfaat jangan lupa membaca artikel lainnya bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *