Pelayanan yang perlu bunda dapat kan di saat memeriksakan kehamilan dengan dokter atau bidan

oleh

Salam hangat untuk para bunda. Hari ini kita akan membahas pelayan apa saja ni yang perlu bunda dapat kan disaat bunda periksa di bidan atau dokter yang bunda tujuh. Dikarenakan sangat pentingnya pemeriksaan setiap bulan demi mengontrol kesehatan janin yang ada di dalam perut bunda maupun bunda sendiri. Pemeriksaan tersebut diperlukan agar bunda dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandungnya. Melalui hasil pemeriksaan, dokter dapat segera menyarankan hal apa saja yang perlu dilakukan oleh bunda apabila ditemukan adanya kelainan dan gangguan.

Jadi jika bunda telah membaca artikel ini, diharapkan bunda mengetahui apa saja yang perlu di tanyakan dan dilakukan bidan bunda. Jika bidan kurang melakukan beberapa hal ini bunda bisa tanyakan atau minta dilakukan ya bunda.

Yuk bunda, langsung kita bahas, beberapa pelayanan yang perlu bunda dapatkan selama pemeriksaan kehamilan yaitu :

  • Pengukuran tinggi badan

Pada awal pemeriksaan biasanya bidan atau dokter akan mengukur tinggi badan bunda. Pengukuran ini hanya dilakukan satu kali selama kehamilan bunda.

Apa si tujuan dari pemeriksaan tinggi badan ya bunda. Penggukuran tinggi badan penting dilakukan untuk mengetahui lebar tidaknya panggul bunda yang sedang hamil. Jika hasil pengukuran tinggi badan bunda < 145 cm maka dapat dipastikan panggul bunda lebih kecil. Hal ini akan menjadi catatan khusus para bidan. Sebab untuk bunda yang memiliki panggu sempit akan sulit melahirkan secara normal dengan kata lain akan lebih banyak hambatannya saat melahirkan normal. Satu satu cara dapat di lakukan dengan lahir sesar. Sedangkan untuk bunda yang tinggi badannya > 145 akan memiliki panggul besar, kemungkinan melahirkan secara normal akan lebih mudah.

Untuk bunda yang memiliki panggul lebih kecil jangan tetlalu cemas ya bunda,,, bunda tetap bisa melahirkan secara normal namun bunda diharapkan mampu mengontrol berat badan bayi di dalam perut. Jika janin bunda lebih besar di bandingkan panggul bunda, hal ini akan menyebabkan bayi tidak dapat turun kejalan lahir, hingga satu-satu nya cara melahirkan dapat di tempuh dengan sesar demi keselamatan bunda dan bayi nya.

Pada kehamilan di minggu ke 36 memasuki bulan ke-9 bunda dapat memeriksakan diri melalui USG untuk melihat bisakah bayi turun ke panggul untuk melalui jalan lahir.

Jadi dangat penting sekali ya bunda menggukur tinggi badan disaat hamil.

  • Pengukuran tekanan darah

Untuk pemeriksaan tekanan darah, akan dilakukan setiap bunda melakukan pemeriksaan. Batas normal tekanan darah bunda yang sedang hamil yaitu 120/80mmhg.

Pemeriksaan tekanan darah ini biasanya berkaitan dengan tekanan darah sebelum bunda hamil. Jika sebelum hamil bunda memang memiliki batas tekanan darah tinggi maka tidak dibpermasalahkan oleh bidan. Namun jika tekanan darah bunda tinngi setelah kehamilan 20minggu (atau masuk di usia kehamilan 5 bulan) maka bunda perlu berhati-hati.

Tekanan darah tinggi pada bunda hamil dapat menyebabkan preeklamensia, hal ini dangat membahayakan janin dan bunda sendiri. Jika hal ini terjadi bunda diharapkan untuk sesering mungkin melakukan pemeriksaan kehamilan pada bidan atau dokter bunda.

Preeklamensia adalah masalah yang sangat serius pada bunda yang sedang hamil. Preeklamensia pada ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, kejang, kegagalan organ dan, beberapa kasus, kematian. Sedangkan pada janin dapat menyebabkan komplikasi termasuk pertumbuhan lambat dalam rahim, lahir dengan berat bobot rendah dan kematian.

Oleh karena itu bunda yang memiliki tekanan darah tinggi harus sering mengontrol kehamilannya dan meminta saran pada dokter, apasaja yang harus dilakukan oleh bunda.

  • Pengukuran lingkar lengan

Lingkar lengan merupakan salah satu indikator status gisi bunda yang sedang hamil. Bila lingkar lengan kiri   atas  bunda kurang dari 23,5 cm,  maka perlu perhatian khusus tentang asupan gisi selama kehamilan. Bunda yang terlalu kurus juga kurang baik untuk kesehatan tubuhnya dan kesehatan janin dalam kandungannya. Bila bunda kurang gisi maka daya tahan tubuh  untuk melawan kuman akan melemah dan mudah sakit maupun infeksi, keadaan ini tidak baik bagi  pertumbuhan janin yang dikandungnya. Cadangan energi dan zat gisi  juga dibutuhkan bunda untuk mencegah anemia kehamilan,  menjaga agar pertumbuhan bayi berkembang sempurna dalam rahim, untuk persiapan tenaga bunda kelak jika melahirkan, mencegah perdarahan saat persalinan dan persiapan untuk menyusui.

Selain itu bunda yang memiliki ukuran lengan kurang dari 23,5 cm lebih cendrung melahirkan bayi dengan bibot badan lebih rendah.

Bunda yang mengalami KEK (Kurang energi Kronis) akan menyebabkan beberapa masalah dalam kehamilan diantaranya keguguran, pertumbuhan janin tidak maksimal, kesulitan saat melahirkan, bayi lahir cacat, bayi lahir dengan berat badan yang rendah, bahkan kematian bayi saat lahir.

Penggukuran lingkar lengan atas biasanya dilakukan oleh bidan disetiap pemeriksaan kehamilan bunda. Adapun beberapa langkah pemeriksaan nya adalah

  1. Bunda akan di minta oleh bidan memberikan lengan yang sering melakukan aktifitas sehari-hari.
  2. Kemudian, tekuk lengan membentuk siku-siku. Ukurlah panjang lengan atas, dari tulang bahu hingga siku. Lalu tandai titik tengah dari panjang lengan atas tersebut.
  3. Lingkarkan pita meteran di titik tengah yang sudah ditentukan, namun jangan terlalu ketat dan terlalu longgar melingkarkannya.
  4. Kemudian baca angka yang tertera pada meteran dan Anda pun mengetahui ukuran lingkar lengan  atas bunda.
  • Pengukuran tinggi rahim

Pengukuran tinggi rahim ini biasanya selalu dilakukan bidan disetiap pemeriksaan rutin bunda. Biasanya pengukuran ini menggunakan pita ukur, dengan cara menggukur dari batas atas perut ibu hamil hingga ke bagian bawah dekat dengan tulang  kemaluan. Pengukuran ini bertujuan untuk melihat perkembangan janin di dalam perut bunda. Walaupun tidak seakurat USG namun pengukuran ini membantu bunda untuk mengetahui berat badan bayi secara manual. Di daerah-daerah pedalaman sangat jarang sekali memiliki fasilitas USG, sehingga pengukuran tinggi rahim ini menjadi satu-satu nya jalan untuk mengecek berat badan bayi apa kah telah sesuai dengan usia kehamilan bunda.

Apabila ukuran tinggi rahim bunda tidak sesuai dengan usia kandungan bunda. Atau terlihat lebih besar. Ada beberapa hal kemungkinan yang terjadi diantaranya ;

  1. Bunda salah menyebutkan tanggal terakhir bunda haid, sehingga usia kehamilan bunda memang lebih tua
  2. Pertumbuhan janin terhambat, hal ini terjadi jika tinghi rahim bunda lebih kecil daripada usia kehamilan bunda. Sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut
  3. Bunda mengalami kehamilan kembar, sehingga tinggi rahim bunda lebih besar daripada usia kandungan bunda
  4. Ukuran tinggi rahim lebih besar juga dapat disebabkan karena janin bunda memiliki bobot badan yang besar.
  5. Bunda hamil dengan air ketuban berlebih juga menjadi salah satu penyebab rahim bunda lebih besar di bandingkan usia kehamilan.
  • Penentuan letak janin dan perhitungan detak jantung janin

Kedua pemeriksaan ini sangat lah penting untuk bunda yang sedang hamil. Pemeriksaan letak janin biasanya dilakukan oleh bidan dengan cara menekan-nekan bagian perut bunda. Pada usia kehamilan trimester ke-1 dan ke-2 letak janin tidak begitu penting karena memang janin masih dalam keadaan berputar-butar, namun di usia kehamilan trimester ke-3, letak janin sangat berpengaruh besar dengan bagaimana cara bunda melahirkan kelak.

Ada beberapa posisi janin di dalam perut bunda. Jika posisi janin dengan kepala berada di jalan lahir maka sudah dipastikan bunda dapat menjalankan kelahiran secara normal. Dan bagaimana jika bayi bunda dalam keadaan posisi sungsang? Bunda yang mengalami posisi bayi sungsang dan tidak daapat berputar lagi masih dapatvmelahirkan secara normal, namun ada beberapa hal yang jadi pertimbangan dokter yaitu

  1. Berat janin bunda tidak terlalu besar
  2. Bunda memiliki pabggul yang lebar
  3. Tidak adanya kelainan atau masalah kehamilan lainnya
  4. Bunda belum pernah melahirkan secara sesar
  5.  Bunda memiliki tenaga yang lebih atau usia bunda masih tetbilang muda.

Untuk bunda yang memiliki posisi sungsang maka disarankan untuk melahirkan di rumah sakit yang memiliki perlengkapan lengkap ya bunda. Selain posisi janin. Pemeriksaan yang tak kalah penting adalah pemeriksan detak jantung janin bunda.

Pemeriksaan detak jantung bayi juga sangat penting ya bunda. Bidan akan selalu memeriksa detak jantung janin dengan menggunakan alat yang bernama doppler. Buasanya jika menggunakan alat ini detak jantung bayibakan bisa terdeteksi di usia kehamilan 10 minggu ke atas. Namun letak bayi, berat badan bunda dan ketebalan perut mempengaruhi mudah tidaknya detak jantung bayi tetdeteksi

Mendeteksi denyut jantung bayi sangat penting dilakukan hal ini dikarenakan untuk mendeteksi dini apakah bayi dalam keadaan sehat2 saja atau tidak.

  • Penentuan Status imunisasi tetanus toksoid

Disaat bunda sedang hamil, sangat diwajibkan melakukan suntik imunisasi tetanus toksoid (TT), adapun manfaat suntik TT untuk ibu hamil ini diantaranya :

  1. Melindungi bayi baru lahir dari tetanus neonatorum (BKKBN, 2005; Chin, 2000). Tetanus neonatorum adalah penyakit tetanus yang terjadi pada neonatus (bayi berusia kurang 1 bulan) yang disebabkan oleh clostridium tetani, yaitu kuman yang mengeluarkan toksin (racun) dan menyerang sistem saraf pusat (Saifuddin dkk, 2001).
  2. Melindungi ibu terhadap kemungkinan tetanus apabila terluka (Depkes RI, 2000).

Jadi jangan sampai tidak melakukan suntik imunisasi TT ya bunda. Demi kekebalan tubuh bunda dan janin yang ada di dalam perut bunda.

  • Pemberian tablet tambah darah

Pada saat bunda sedang hamil, sangat penting sekali mengonsumsi tablet tambah darah atau sering disebut dengan zat besi. terutama untuk bunda yang memasuki kehamilan trimester ke-2 dan ke-3. Tablet zat besi ini atau penambah darah ini biasanya diberikan bidan saat bunda periksa.

Pentingnya mengonsumsi zat besi untuk ibu hamil adalah. Pada saat hamil tubuh bunda akan semakin banyak melakukan pembentukan hemaglobin oleh karena itu butuh asupan gizi seperti zat besi yang sangat banyak untuk membantu pembentukan sel darah merah. Jadi jangan malas mengonsumsi table tambah darah ya bunda.

Biasanya bidan akan menyarankan kepada bunda untuk dikonsumsi sebelum tudur hal ini bertujuan agar bunda tidak merasa mual setelah mengonsumsinya.

Jika bunda kekurangan zat besi disaat hamil maka gangguan yang bunda hadapi adalah Anemia defisiensi besi dapat membuat bunda yang sedang hamil mudah lemas dan kelelahan. Anemia yang sudah parah juga dapat menyebabkan komplikasi saat kehamilan. Misalnya, anemia dapat membuat sistem kekebalan tubuh bunda menjadi lemah, sehingga bunda mudah terkena penyakit infeksi.

Konseling dan penjelasan 

Sekarang sudah tau kan bunda apa saja tujuan pemeriksaan yang dilakukan oleh bidan di saat bunda sedang kontrol. Atau jika terlewat oleh bidan, bunda bisa meminta bidan melakukannya. Di saat kontrol kehamilan jangan malu untuk bertanya apasaja yang bunda anggap tidak tau ya bunda. Agar semunya lebih jelas dan lebih mudah untuk bunda pahami.

Terimakasi telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, jangan lupa baca artikel lainnya ya bunda, terimakhs bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *